Antrian adalah kejadian yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Menunggu didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api, menunggu
pengisian bahan bakar, enunggu di pintu jalan tol, dan beberapa kasus
menunggu yang lain sering ditemui atau dialami. Bukan hanya orang yang
mengalmi antri tapi juga barang.
Misalnya mesin rusak enunggu untuk
diperbaiki, barang-barang dipabrik menunggu untuk berbagai tahapan
proses produksi dll. Karena menunggu memakan waktu, sementara waktu
merupakan sumberdaya yang berharga, maka pengurangan waktu menunggu
merupakan tema yang menarik untuk dianalisis.
Analisis antrian kali
pertama dikenalkan oleh A.K. Erlang (1913) yang mempelajari fluktulasi
permintaan telepon dan keterlambatan pelayanannya. Saat ini analisis
antrian banyak diterapkan dibidang bisnis (bank, supermarket), industry,
transportasi, dll. Seperti halnya analisis makrov, analisis antrian
memberikan informasi probabilitas yang dinamakan operating
characteristics, yang dapat membantu pengambilan keputusan dalam
merancang fasilitas pelayanan antrian untuk mengatasi permintaan
pelayanan yang fluktulatif secara random dan menjada keseimbangan antara
biaya pelayanan dan biaya menunggu.
Sumber : Mulyono. Sri, S.E.,M.Sc. Riset Operasional. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2002.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar