Senin, 21 Mei 2012

ANALISIS ANTRIAN

Antrian adalah kejadian yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Menunggu didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api, menunggu pengisian bahan bakar, enunggu di pintu jalan tol, dan beberapa kasus menunggu yang lain sering ditemui atau dialami. Bukan hanya orang yang mengalmi antri tapi juga barang.

Misalnya mesin rusak enunggu untuk diperbaiki, barang-barang dipabrik menunggu untuk berbagai tahapan proses produksi dll. Karena menunggu memakan waktu, sementara waktu merupakan sumberdaya yang berharga, maka pengurangan waktu menunggu merupakan tema yang menarik untuk dianalisis.

Analisis antrian kali pertama dikenalkan oleh A.K. Erlang (1913) yang mempelajari fluktulasi permintaan telepon dan keterlambatan pelayanannya. Saat ini analisis antrian banyak diterapkan dibidang bisnis (bank, supermarket), industry, transportasi, dll. Seperti halnya analisis makrov, analisis antrian memberikan informasi probabilitas yang dinamakan operating characteristics, yang dapat membantu pengambilan keputusan dalam merancang fasilitas pelayanan antrian untuk mengatasi permintaan pelayanan yang fluktulatif secara random dan menjada keseimbangan antara biaya pelayanan dan biaya menunggu.

Sumber : Mulyono. Sri, S.E.,M.Sc. Riset Operasional. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar