Rabu, 01 November 2017

Pengertian dan Tujuan Ekonomi Pembangunan

Pengertian dan Tujuan Ekonomi Pembangunan - Ekonomi pembangunan merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh anak - anak Ekonomi Pembangunan. Mata kuliah ini begitu penting mengingat materi yang dipelajarinya membahas tentang masalah - masalah pembangunan ekonomi di negara - negara berkembang dan terbelakang. Jadi, sebagai anak EKP yang profesional kalian wajib menguasai materi tersebut. Ok, di sini kita juga akan membahas tentang pembangunan ekonomi.
Arti dan Tujuan Ekonomi Pembangunan

A. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan dapat diartikan sebagai kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya. Adapun pengertian lain (development economics), merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang dan kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi.. 

Pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli:
1. Menurut Sadono Sukirno, ekonomi pembangunan merupakan proses usaha meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk rill.
2. Menurut Profesor Simon Kuznets, ekonomi pembangunan adalah meningkatnya kemampuan suatu negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang.
3. Menurut Schumpeter, ekonomi pembangunan adalah perubahan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara spontan dan tidak terputus.
Tujuan ekonomi Pembangunan
     Tujuan dari ekonomi pembangunan adalah untuk menelaah faktor - faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan, atau pembangunan yang lambat di negara - negara berkembang dan selanjutnya mengemukakan cara pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah - masalah yang dihadapi sehingga dapat memperlaju jalannya pembangunan ekonomi di negara - negara tersebut.
 
Sumber :  http://www.startkampus.net/2016/10/pengertian-dan-tujuan-ekonomi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar